Senin, 11 April 2011

Lapan Luncurkan Prangko Satelit dan Roket

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) ikut memperingati 50 tahun keberhasilan Yuri Gagarin sebagai manusia pertama yang mencapai antariksa. Perjalanan kosmonaut Uni Soviet pada 12 April 1961 itu telah menorehkan sejarah di dunia keantariksaan.


Petualangan ke dunia baru itu menjadi bukti bahwa manusia dapat bertahan dari berbagai kesulitan menembus atmosfer bumi. Untuk memperingati keberhasilan dunia di bidang antariksa tersebut, Lapan meluncurkan prangko seri satelit Lapan-Tubsat dan RPS. Tiap prangko bernilai Rp 2.500. Prangko ini akan menjadi pengingat dan semangat Indonesia dalam mewujudkan kemandirian bangsa di bidang antariksa.

Saat ini Indonesia sedang menuju kemandirian di bidang teknologi dirgantara melalui pengembangan satelit dan roket. Pada 2007, Lapan telah mengorbitkan satelit buatan anak bangsa Lapan-Tubsat, hasil kerja sama Lapan dengan Technische Universitat Berlin, Jerman. Kini Lapan mengembangkan tiga satelit, yaitu Lapan A2 dan Lapan-Orari, yang disebut satelit kembar, serta Lapan-IPB.

Lapan juga mempersiapkan Roket Pengorbit Satelit (RPS). Roket ini akan menjadi kendaraan bagi peluncuran satelit ke orbit. Rencananya, RPS selesai dibangun dan diluncurkan pada 2014. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar